Tips dan Cara Melancarkan Air Susu Ibu Atau Asi Secara Alami

Tips dan Cara Melancarkan Air Susu Ibu Atau Asi Secara Alami
Mas Berita - ASI atau air susu ibu sangatlah penting bagi perkembangan bayi, terlebih bagi bayi yang baru lahir. Dengan banyaknya kandungan dalam ASI, membuat ASI itu lebih baik untu diberikan kepada bayi daripada produk-produk susu formula buatan pabrik..

Di usia 0-6 bulan, bayi sangatlah memerlukan asupan nutrisi yang baik lagi banyak untuk perkembangannya. Nutrisi terbaik untuk bayi ketika itu ialah Air susu ibu. Maka tak heran jika para Ibu ingin sangat memiliki ASI yang sehat dan lancar.

Pada dasarnya, yang memengaruhi produksi ASI memiliki banyak faktor, Dan umumnya yang paling mempengaruhi produksi ASI itu ada dua hormon, prolaktin dan oksitosin. Proktalin adalah hormon yang memengaruhi produksi ASI, sedangkan oksitosin adalah hormon yang memengaruhi terhadap kelancaran atau pengeluaran ASI. hormon proktalin ini dihasilkan dari nutrisi yang masuk yaitu makanan, semakin banyak asupan nutrisi masuk, maka semakin banyak pula produksi air susu ibu.

Adapun hormon oksitosin biasa disebut dengan hormon kasih sayang. Kenapa ?, karena hormon ini memiliki pengaruh suasana hati seorang ibu ketika menyusui bayi. Maka ketika sedang menyusui, suana hati Anda harus diperhatikan. Juga, jika semakin sering seorang ibu menyusui anaknya, dapat dipastikan air susu ibu akan semakin lancar dan sebaliknya. Ini dikarenakan hormon oksitosin bekerja tergantung dari seberapa sering puting susu dihisap oleh bayi, semakin banyak dihisap, maka semakin lancarlah air susu ibu.

Nah, jika kedua hormon ini tidak bekerja secara lancar, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan kedua hormon diatas agar air susu ibu keluar dengan lancar ketika akan dan sedang menyusui bayi :
Tips dan Cara Melancarkan Air Susu Ibu

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi
Sangatlah penting untuk Anda sebagai seorang Ibu yang menyusui untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi, terutama dalam makanan. Makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika sedang menyusui di antaranya : Ikan salmon, Daging sapi tanpa lemak, Bluberi, Beras coklat atau beras merah, kacang-kacangan, jeruk, telur, Roti gandum, sayuran hijau dan sebagainya.

2. Seringlah Untuk Menyusui Bayi
Untuk di ketahui, bahwa frekuensi menyusui bayi itu memengaruhi produksi ASI. Semakin sering menyusui, maka semakin banyak pula produksi ASI.

3. Perhatikan Suasana Hati
Hindari stres. Stres dapat mengakibatkan kurangnya produktifitas ASI. Disebabkan, faktor kejiwaan dapat menjadi penyebab kurangnya ASI  disaat Anda sedang  tidak rileks dan bahagia. Hati-hati, tak hanya mengurangi produktifitas ASI. Stres juga berakibat buruk terhadap perkembangan bayi, karena asupan yang bayi terima itu sedikit.

4. Dengan Menggunakan Resep Alami
Beberapa tanaman yang biasa dimanfaatkan untuk memperlancar ASI. Diantaranya : daun pepaya, biji jagung tua, temu lawak dan daun katuk.
  • Resep 1 :

Beberapa daun pepaya di cuci bersih, layukan diatas api. Ketika daun pepaya sedang hangat, taruhlah diatas payudara.
  • Resep 2 :

Beberapa biji jagung tua, disangrai sampai meretak dan garing. Makan sebagai kudapan atau makan jagung rebus.
  • Resep 3 :

Parut rimpang temu lawak yang sudah dicuci, campurkan dengan sedikit tepung kanji dan sedikit air panas. Diaduk, saring, diminum satu hari sekali. *Catatan: bagi penderita sakit ginjal sebaiknya tak minum sari temu lawak mentah).
  • Resep 4 :

Segenggam daun katuk (katu, nasi-nasi) dimasak manjadi sayur atau lalap, makanlah secara teratur.

***

Aii susu ibu memanglah menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi. Bila air susu ibu tidak lancar, silahkan terapkan Tips dan Cara Melancarkan Air Susu Ibu Atau Asi Secara Alami di atas. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips dan Cara Melancarkan Air Susu Ibu Atau Asi Secara Alami"

Post a Comment